Penyambungan pipa dan geomembran HDPE meliputi tehnik serta aplikasinya dilapangan.

Diberdayakan oleh Blogger.

Penyambungan pipa HDPE ukuran besar

Marking hasil joint dilapangan
 Penyambungan pipa HDPE dapat digolongkan menjadi 2 bagian besar jika dilihar dari diameter pipa yang disambung. Yaitu penyambungan pipa HDPE diameter besar dan penyambungan pipa HDPE diameter kecil.
Yang digolongkan sebagai pipa HDPE diameter besar adalah mulai dari 200mm atau 8" hingga yang terbesar. Saat ini ukuran yang terbesar di Indonesia adalah 1600mm atau setara dengan 64inchi.

Kelenturan pipa HDPE terlihat dari gambar ini
Ada juga yang menganggap pipa 200mm sebagai pipa dengan diameter kecil, mereka menilai yang disebut diameter besar mulai dari 315mm atau 12". Silakan saja, keduanya sama saja benarnya, menurut penulis.
Pipa HDPE diameter besar, membutuhkan keahlian tambahan untuk menyambungnya. Tehnik penyambungan tetap sama dengan pipa HDPE diameter kecil, akan tetapi kita perlu mensiasati agar pekerjaan menjadi mudah.
 

Pengangkutan pipa HDPE 630mm
 Pengangkutan pipa HDPE diameter besar biasanya menggunakan alat berat. Alat berat yang biasa digunakan adalah excavator seperti ilustrasi diatas. Yang sering dan rada spesial yaitu dengan menggunakan TMC yaitu truck yang sudah dengan belalai kerek untuk menaikkan atau menurunkan pipa.


Penyambungan koneksi pipa existing dan pipa baru yang keduanya pipa HDPE

Pendinginan atau cooling time process
 Pipa HDPE diameter besar dalam penyambungannya memakan waktu lebih lama ketimbang pipa HDPE diameter kecil. Hal ini disebabkan:
  • Persiapan yang lebih lama karena ukuran pipa yang besar dan berat
  • Dibutuhkan alat bantu yang memadai seperti excavator, chain blog / katrol dan lainnya
  • Waktu pemanasan dan pendinginan yang lebih lama karena ukuran dan ketebalan yang besar
  • Penanganan yang lebih hati-hati karena resiko yang besar bagi operatornya.
Jalur pipa HDPE yang sudah jadi

Tim WARGA TEHNIK MEKANIKA

Jarwostok
0812 801 36 339
0896 1309 5956
jarwostok@gmail.com

http://wargatehnikmekanika.weebly.com/http://miningpipe.blogspot.com/2012/03/jarwostok-is-hdpe-piping-system-company.htmlhttps://www.facebook.com/pages/Supply-Install-HDPE-pipes/367761643248640https://plus.google.com/u/0/104933954599664501696/posts
0 Komentar untuk "Penyambungan pipa HDPE ukuran besar"

Back To Top